Blog Karya anak bangsa, mengungkap keindahan alam indonesia, teknologi ciptaan anak bangsa dan hal kerenlain yang membuat kamu bangga menjadi anak Indonesia

Tujuh Keunikan Alam Indonesia

Artikel terkait : Tujuh Keunikan Alam Indonesia



Keindahan alam indonesia tak akan pernah habis untuk di telusuri. Banyak keunikan alam indonesia yang semakin hari makin terungkap seiring meningkatnya daya tarik masyarakat untuk menjelajahi negeri kita tercinta ini. Berikut beberapa objek wisata indonesia yang ga akan kamu temuin dibelahan dunia manapun.

1. Pantai berpasir merah muda

Umumnya pasir pantai berwarna putih bahkan ke kuning-kuningan, tetapi tidak jika kamu berkunjung ke Pink Beach di Pulau Komodo yang terletak didaerah NTT. Lokasinya yang terpencil dan dibalik bukit membuat pantai eksotis ini masih jarang dikunjungi. Namun jangan salah, bukan hanya warna pasir pantai merah mudanya saja yang menarik wisatawan. Tetapi dipantai ini kamu akan menemukan laut yang masih bening berwarna biru yang seakan merayu kamu untuk berdiving ataupun snorkeling.
Menurut penelitian , warna pink yang terdapat pada pasir pantai ini merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana. Jadi siapkan kamera kamu untuk dapat mengabadikan momen takt terlupakan dipantai ini. Oh iya, untuk dapat mengunjungi pink beach ini kamu dapat memulai perjalanan dari Labuan Bajo.

 2. Ubur – ubur tanpa penyengat

Ubur-ubur jenis ini hanya terdapat di 2 lokasi di dunia dan salah satunya di Indonesia tepatnya pada Danau Kakaban, Kalimantan Timur. Jika pada umumnya ubur – ubur di hindari perenang karena sengatnya yang dapat memberikan efek terbakar, pada danau ini ubur-ubur justru menjadi hewan yang paling menarik wisatawan.
Di danau ini wisatawan dapat dengan bebas menyentuh hewan kenyal yang lucu ini secara bebas. Danau Kakaban sendiri memiliki bentuk geografis yang unik. Menurut penelitian, danau ini terbentuk akibat karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian hingga membuat sejumlah air terperangkap, dan membentuk sebuah danau yang sampai saat ini menjadi tempat tinggal 4 jenis ubur-ubur seperti ubur-ubur bulan, kotak, totol, hingga terbalik. Dan jumlah ini lebih banyak dibanding jumlah spesies ubur – ubur tanpa penyengat yang hidup di Jellyfish Lake, Palau yang hanya memiliki dua jenis ubur-ubur saja.

3. Gunung penghasil garam

Jika mendengar penghasil garam, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah gugusan pantai panjang yang penuh dengan endapan air laut yang sedang dijemur dibawah panasnya sinar matahari. Tetapi jika kamu berkunjung ke Kaltim, sempatkan berkunjung kedaerah Desa Long Midang di Gunung Krayan pada ketinggian 2400 MDPL.
Pada desa yang berada diatas gunung dengan jarak 100 KM dari bibir pantai ini terdapat fenomena unik dimana desa ini bisa menghasilkan garam sendiri. Garam yang dihasilkanpun bukan sembarangan karena setelah diteliti garam yang dihasilkan gunung ini mengandung yodium yang jauh lebih tinggi dibanding garam dari pantai.
Proses pembuatan garam pada desa ini cukup sederhana yaitu dengan mengambil air dari sumur lalu direbus hingga menghasilkan butiran kristal (garam basah). Setelah itu garam basah akan dimasukkan kedalam bambu untuk dibakar hingga menjadi garam yang siap untuk dikonsumsi. Tekstur garam yang dihasilkanpun tak ubah seperti garam pada umumnya tampak putih dan cukup halus.

4. Danau tiga warna kelimutu

Jika kamu udah lahir pada era tahun 1990an, kamu pasti pernah menemukan uang kertas pecahan Rp. 5.000 yang bergambarkan danau dengan 3 warna. Danau fenomenal ini bernama danau kelimutu yang terletak di Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT. Ajaibnya warna pada ketiga danau ini selalu berubah-ubah karena dipengaruhi oleh kandungan mineral, lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya Matahari.
Untuk mencapai danau kelimutu ini tidak mudah, karena masih terbatasnya sarana transportasi terlebih lagi kamu harus berjalan sepanjang 3 kilometer dan menaiki 236 anak tangga untuk mencapai Puncak Kelimutu. Namun begitu, hal ini tidak pernah mengurangi minat wisatawan untuk menikmati keindahan dan keajaiban alam yang sangat menawan di danau ini.

5. Hamparan Pasir putih bukit Lembah Baliem, Papua

Selama ini mungkin kita beranggapan hanya dipantailah kita bisa menemukan pasir putih yang halus. Namun ternyata Desa Aikima di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua memiliki keunikan alam yang luar biasa. Di desa ini terhampar pasir putih  dan bersih walaupun lokasinya berjarak cukup jauh dari pantai. Konon kabarnya Kawasan ini dulunya merupakan Danau purba raksasa bernama Wio. Setelah terjadi gempa pada tahun 1813, terjadi perubahan geologi sehingga menciptakan sungai Baliem yang meliuk di tengah lembah ini.
Untuk dapat melihat pasir putih ini kamu harus sedikit mengeluarkan usaha lebih, namun tidak perlu khawatir karena rasa lelah kamu akan terbayar ketika melihat hamparan gunung yang hijau dihiasi langit yang biru serta dibumbui kerlip kristal dari pasir putih yang sudah dapat kamu lihat dari jarak jauh. Sungguh pemandangan yang luar biasa dan sangat bisa dipastikan siapapun akan mengabadikan momen tersebut.

6. Api abadi madura

Jika kamu berkunjung kemadura, sempatkanlah berkunjung ke “olimpus”nya indonesia (lebay yee..). pada Desa Larangan Tokol, yang ada di Kecamatan Tlanakan, Pamekasan terdapat sebuah fenomena keren karena disana terdapat api yang tidak pernah padam hingga saat ini bahkan setelah diguyur hujan deras api tersebut tetap menyala.
Jika dilihat dari kacamata ilmiah, fenomena api abadi ini dikarenakan desa tersebut memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi sehingga ketika belerang tersebut bergesekan dengan oksigen maka terciptalah api abadi tersebut.

7. Gua Batu Cermin  rumah Fosil penyu dan batu karang

Keunikan alam terakhir adalah Fosil penyu dan batu karang yang terdapat di dalam gua batu cermin yang berada di Kampung Wae Kesambi, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, NTT. Untuk dapat menikmati keunikan gua ini, kamu harus berjalan menelusuri kedalam goa sepanjang beberapa ratus meter. Sebelum memasuki goa pastikan kamu memiliki perlengakapan penerangan yang cukup karena kondisi didalam goa sangat gelap.
Di dalam goa kamu akan menemukan staklatit dan staglagmit yang terbentuk alami, berkilau dan sangat mengagumkan. Selain itu jika kamu menyorotkan senter atau alat penerangan lainnya ke dinding goa maka kamu dapat melihat fosil batu karang juga penyu yang dapat terlihat dengan sangat jelas. Hal inilah masih menjadi pertanyaan bagi para peneliti, bagaimana dan apa yang terjadi sehingga karang dan penyu yang berada dilautan bisa berada didalam goa yang gelap ini.

Nah ketujuh keunikan alam indonesia diatas merupakan sebagian kecil dari keajaiban alam indonesia lainnya. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan memelihara keindahan dan keberadaannya.

Artikel Indonesia Keren Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Indonesia Keren | Design by Bamz