Blog Karya anak bangsa, mengungkap keindahan alam indonesia, teknologi ciptaan anak bangsa dan hal kerenlain yang membuat kamu bangga menjadi anak Indonesia

KEREN!! Serka Marinir Siswadi, Prajurit TNI dengan tangan Bionik Pertama di Indonesia

Artikel terkait : KEREN!! Serka Marinir Siswadi, Prajurit TNI dengan tangan Bionik Pertama di Indonesia



prajurit bertangan bionik
Serka Marinir Siswadi - Perwira bertangan bionik 

Manusia bertangan bionik mungkin sering kita lihat di film – film holywood, namun ternyata program tangan bionik benar – benar ada di dunia ini. Serka Marinir Siswadi, seorang perwira TNI yang berasal dari Bojonegoro adalah orang indonesia pertama yang beruntung mendapat kesempatan memiliki tangan bionik. Terpilihnya Serka Marinir Siswadi bukannya tanpa alasan, bermula dari kecelakaan saat latihan yang menimpanya beberapa tahun lalu yang mengakibatkan tangannya harus diamputasi.


Tangan bionik menggenggam Pistol
Tangan bionik menggunakan Pistol
Serka Marinir Siswadi mungkin tidak akan pernah bisa melupakan peristiwa mengerikan yang merenggut kedua tangannya. Saat itu, beliau yang sedang melatih 90 siswa dalam latihan tempur melemparkan beberapa granat. Namun dari beberapa granat yang dilempar, ada tiga granat yang tidak meledak. Setelah latihan berakhir, Serka (Marinir) Siswandi kemudian melakukan pembersihan terhadap serpihan granat termasuk tiga granat yang belum meledak tadi. Setelah ditandai dan menunggu hingga 3 jam untuk penanganan, tanpa terduga granat tersebut meledak hingga menyebabkan kedua telapak tangannya hancur dan terpaksa harus diamputasi.


tangan bionik carbon
Motif carbon yang gahar
Teknologi tangan bionik dikembangkan melalui hasil riset perusahaan Amerika dan Inggris. Kemampuan motorik tangan bionik ini juga diklaim mampu hampir menyamai tangan sungguhan. Berbagai gerakan seperti menggenggam benda, menulis, bersalaman dan kegiatan tangan normal lainnya dapat dilakukan oleh tangan bionik ini. Teknologi ini dikembangkan dengan tujuan agar orang yang kehilangan tangannya seperti Serka (Marinir) Siswandi mampu beraktivitas normal seperti orang – orang pada umumnya. 

Sensor tangan robot
Sensor yang terhubung ke otak
Pengaplikasian tangan bionik pada Serka Marinir Siswadi yaitu dengan menempelkan tangan bionik untuk menggantikan telapak tangannya yang telah diamputasi. Sensor yang terdapat pada tangan bionik dihubungkan ke sistem kontrol pada otak sehingga tangan bionik dapat bergerak sesuai dengan perintah otak. Terpilihnya Serka Marinir Siswadi menjadi orang pertama yang menggunakan tangan bionik diakuinya membangkitkan semangat pengabdiannya kepada negara.
“Meski dengan tangan robotic, saya ingin tetap mengabdikan diri sebagai seorang prajurit yang akan selalu siap dalam menjalankan tugas dengan baik,” ucap Siswandi.

tangan robot beraktifitas
Serka Siswandi berdemonstrasi
Dari riset yang dilakukan, teknologi tangan bionik sampai saat ini baru dapat diaplikasikan pada orang – orang yang dahulunya memiliki tangan. Sedangkan pada orang yang memiliki cacat dari lahir, belum bisa merasakan manfaat teknologi ini.  Serka Marinir Siswadi sangat beruntung mendapat bantuan dari RSAL untuk penanaman tangan bionik karena disinyalir biaya yang dibutuhkan untuk penanaman teknologi ini mencapai Rp. 600 juta.
Serka Marinir Siswadi adalah Prajurit TNI dengan tangan Bionik Pertama di Indonesia, namun di bali juga terdapat manusia robot yang berhasil menciptakan tangan robot untuk membantu pekerjaannya. Siapakah yang lebih mengagumkan menurut kamu ?

Artikel Indonesia Keren Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Indonesia Keren | Design by Bamz